Cerita Motivasi Kepemimpinan

Jumat, 29 Januari 2016

Belajar Dari Kesalahan

Belajar Dari Kesalahan

Kisah Kesuksesan Dr Robert

Sebuah Rahasia berkarya tanpa menyerah

Ketika Dr Robert berusia 4 tahun, ia berusaha membuka kulkas untuk megeluarkan susu. Tetapi tangan kecilnya tak sanggup memegang sebotol besar susu tersebut. Susu itu tumpah membanjiri lantai dapur yang baru dibersihkan ibunya. Ibunya kaget dan berteriak memanggil namanya. Dr Robert kecil sangat ketakutan, karena ia yakin akan terkena amarah ibunya karena kesalahan yang ia lakukan. Tapi apa yang terjadi?
Dengan penuh senyum dan suaranya yang tenang seperti biasanya, ibunya berkata,"Apa yang kau lakukan, Robert? Ibu tidak pernah melihat lautan susu seluas ini. Wow, indah sekali. Karena sudah tumpah, kau boleh bermain-main dengan susu ini." Robert kecil dengan bersemangat menggambar peta dunia dan orang-orangan salju di atas susu, dan terus bermain dengannya. Tak lama kemudian, ibu berkata,"Robert, kau tahu kan, setelah bermain, kau harus membereskan semuanya dan mengembalikan barang-barang ke tempatnya semula. Tapi bagaimana cara kita membersihkan ini? Apakah kita akan menggunakan spons?Lap? atau kain pel? Mana yang paling kau sukai?". Dengan suaranya yang lantang Robert memilih spons. Ibunya bertanya lagi," Bagaimana membersihkan susu dengan spons?". Robert menjawab,"Spons akan mengisap susunya, lalu kita akan memerasnya ke dalam ember." Ibu tersenyum, lalu membantu Robert membersihkan lantai dengan spons. Setelah selesai ibu berkata,"Tepat seperti yang kau bilang Robert, bahwa hal ini mudah, dan kau sukses melakukannya. Tapi, kau gagal mengangkat botol besar susu dengan tangan kecilmu. Bagaimana kalau kita ke halaman belakang dan kau mencoba mengangkat botol berisi air?"
Robert kecil belajar memindahkan sebotol besar air berkali-kali, sampai ia berhasil tanpa menumpahkan air tersebut. Caranya adalah dengan memegang leher botolnya.

Apa pesan yang dapat kalian tangkap dari cerita ini?
Ya, tepat, bahwa Pengalaman tersebut membuat Robert kecil tidak takut menghadapi kegagalan.
Sama dengan kalian, jangan pernah takut menghadapi kegagalan, karena kesalahan yang kalian buat, apabila kalian kaji dan teliti, pasti akan dapat menambah ilmu kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar